HUT ke 13, Desa Toapaya Selatan Gelar Porsedaya dan Tanam Kurma

by -50 views

HUT ke 13, Desa Toapaya Selatan Gelar Porsedaya dan Tanam Kurma

Tanjungpinang, Cahayakepri.com — Memperingati HUT ke-13, Desa Toapaya Selatan yang memiliki Ekowisata menggelar Pekan Olahraga Seni dan Budaya, disejalankan dengan penanaman kurma jenis Bahre dan KL 1, yang merupakan kurma khusus daerah tropis termasuk Indonesi, di Desa Toapaya Selatan, Minggu, (27/10/2019), sekira pukul 07:00 WIB.

Kepala Desa Toapaya Selatan, Suhenda, mengatakan, Porsedaya yang digelar merupakan yang ke 5 kalinya, dan diadakan setiap tahun, dengan mengadakan berbagai lomba, dan pada pagi ini dilakukan gerak jalan santai, dan pembagian hadiah untuk perlombaan lainnya.

“Tahun ini kebetulan disejalankan dengan penanaman kurma yang merupakan hasil kultur jaringan yang dapat tumbuh di Indonesia. Hari ini kami tanam 3 (tiga) bibit,” kata Suhenda.

Acara tersebut dihadiri Bupati Bintan, yang diwakili Kadisbudpar Bintan, Wan Rudy Iskandar, Hadir juga Ketua Komunitas Kurma Kepri (KKK), Syarwito, Sekretaris KKK, Satrio MA uang juga Dosen STAI SAR, dan Camat Toapaya, Riang Anggraini.

Kadispar Bintan, Wan Rudy Iskandar dalam sambutannya mengatakan, Desa toapaya adalah salah satu Desa yang berprestasi dan melaksanakan ekowisata dengan wisata mangrove dan agrowisata. Tahun lalu juara 1 se Kepri.

“Untuk kegiata Persedaya, tak banyak Desa yang melaksanakan setiap tahunnya. Adapun kurma yang ditanam di Desa ini kedepannya juga bisa dijadiikan agrowisata,” kata Wan Rudy.

Syarwito, yang akrab disapa Wito, mengatakan kurma khusus tropis yang ditanam di Desa Tolapaya Selatan ini merupakan yang petama kalinya ditanam di Bintan, termasujk Tanjungpinang.

“Kurma ini berhasil dan sukses di Thailan yang kultur tanahnya hampir sama denga Indonesia. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia juga sudah ditanam seperti di Jawa dan Sumatra. Kalau mereka (Thailand) bisa, mengapa kita tidak,’ kata Wito.

Redaksi.Jarjit singh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *